SMP PLUS AL MUHIBBIN
Jatirogo - Tuban
A. Profil SMP Plus Al Muhibbin
SMP Plus Al Muhibbin berada di Jln. Raya
Lasem Km 4 Kebonharjo Jatirogo Tuban. Meski tidak terletak di pusat kota, tetapi
letaknya sangat strategis karena berada di jalur mobilisasi penduduk Kebonharjo
dan sekitarnya. Hal ini sangat
diperhitungkan, karena keterbatasan saranatransportasi yang harus mereka tempuh
untuk mencapai pusat kota Kecamatan jatirogo. Besarnya mobilitas penduduk ini
menuntut penyediaan sarana prasarana yang cukup memadai dalam hal pelayanan
pendidikan. Di samping itu, cakupan wilayah Desa Kebonharjo dan sekitar belum
ada SMP yang terpadu. Hal lain yang mendukung
adalah, bahwa dalam SMP Plus Al Muhibbin ini telah menerapkan sistem Boarding School
(berasrama), maka sudah barang tentu
cakupan wilayahnya akanmeluas keseluruh pelosok Indonesia.
SMP Plus Al Muhibbin merupakan lembaga pendidikan
yang mengintegrasikan nilai-nilai keIslaman dengan ilmu pengetahuan umum
sehingga tercetak generasi imbang yang handal, cerdas spiritual dan mantap akan
jati dirinya sebagai generasi muslim, cerdas intelektual dan mengembangkan
kebiasaan ilmiah, serta mandiri secara sosial. Dengan karakter yang kuat maka
diharapkan mampu mewarnai dan berperan dalam kehidupan masyarakat serta mampu
menahan laju merebaknya dekadensi moral, pergeseran nilai menuju ke arah
negatif dan menurunnya kualitas pendidikan.Semoga SMP Plus Al Muhibbin dapat menjadi solusi terbaik dalam mempersiapkan kehidupan dimasa kini dan mendatang.
SMP Plus Al Muhibbin Jatirogo
tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pendidikan belajar namun di
sekolah tersebut juga membentuk kepribadian Islam pada diri siswa.
Hal ini mengajarkan kepada
peserta didik bahwa kita harus menyeimbangkan antara kepentingan hidup di dunia
dan di akhirat. Sehingga kalimat ”Cerdas Intelektual,
Cerdas Spiritual, dan Mandiri” cocok dijadikan sebagai MOTTO SMP Plus Al
Muhibbin Jatirogo.
Target pendidikan yang ingin di capai oleh SMP Plus
Al Muhibbin Jatirogo adalah mencetak generasi yang :
- Berakidah
tangguh
- Berakhlak
tangguh
- Berprestasi
akademik
- Memiliki
kemampuan leadership
- Memilki
fisik prima
- Berdisiplin
- Berwawasan
kebangsaan global dan islami
- Mandiri
dan berjiwa sosial
- Berketrampilan
dasar di bidang Tahsin, Tahfidz Qur’an dan Hadist
- Berketrampilan
dasar berbahasa inggris, Arab, China dan Jepang
- Berketrampilan
dasar di bidang teknologi informasi dan komunikasi
B. Visi dan Misi SMP Plus AlMuhibbin
VISI
Mewujudkan lembaga pendidikan Islam yang unggul dan kompetitis,
sehingga dapat melahirkan generasi yang berkepribadian muslim dan berprestasi optimal yang siap
membangun bangsa, agar menjadi bangsa yang berperadaban.
a. Peningkatan
ketaqwaan kepada Allah SWT.
b. Mampu
menghafal Al Qur’an 3 juz.
c. Berakhlak
mulia terhadap orang tua, guru, masyarakat dan lingkungan.
d. Peningkatan
kualitas SDM bagi tenaga kependidikan dan pelaksanaan Kurikulum Berbasis
Kompetensi (KBK).
e. Unggul
peningkatan prestasi akademis.
f.
Unggul dalam bidang komputer dan bahasa asing, utamanya bahasa
inggris, bahasa arab, bahasa mandarin, dan bahasa jepang.
g. Unggul dalam
prestasi olahraga dan seni.
h. Unggul dalam
berbagai karya ilmiah remaja dan berbagai lomba olimpiade.
i.
Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif.
j.
Mendapat kepercayaan dari masyarakat.
MISI
Menyelenggarakan lembaga pendidikan Islam dengan sistem integral
dalam aspek intelektual, emosional, spiritual, dan lifeskill. Sehingga dapat
melahirkan siswa muslim yang takwa, cerdas dan mandiri.
Adapun indikatornya adalah :
a. Meyelenggarakan
sistem pendidikan yang terpadu antara agama dan umum.
b. Memberikan
bekal hafalan Al – Qur’an 3 Juz.
c. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif selama 24 jam, sehinga setiap siswa
berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki.
d. Membangkitkan
segala potensi serta mendidik dan membimbingnya dengan mengadakan kegiatan
pengembangan model – model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga
siswa betah belajar di sekolah.
e. Siswa mampu
mengoperasikan program Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power
Point serta mampu mengoperasikan internet.
f.
Siswa mampu mengembangkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, Arab,
Mandarin, dan Jepang.
g. Menumbuhkan
penghayatan terhadap pelajaran agama, utamanya dalam bidang akhlak.
h. Memotifasi
dan menfasilitasi siswa untuk menguasai bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa
Mandarin, dan bahasa Jepang untuk menuju era globalisasi.
i.
Menerapkan manajemen partisipasi dengan melibatkan seluruh warga
sekolah dan komite sekolah.
C. Tujuan Sekolah
1.
Meningkatkan standar kwalitas lulusan yang beriman dan bertaqwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Mengembangkan budi pekerti dan akhlaq yang mulia melalui
pembiasaan dan kegiatan keagamaan.
3.
Meningkatkan manajemen partisipasi dengan melibatkan seluruh warga
sekolah dengan stakeholder.
4.
Mewujudkan sistem pembiayaan sekolah yang transparan dan
akuntabel.
5.
Meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia yang mampu memberikan
layanan pendidikan secara profesional dan bertanggung jawab.
6.
Meningkatkan kwalitas pendidik dan tenaga kependidikan.
7.
Mengembangkan Pendekatan Scientific dan media pembelajaran yang
efektif dan efisien yang berorientasi pada IPTEK.
8.
Meningkatkan layanan bimbingan dan pembelajaran secara aktif,
inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk meningkatkan prestasi dibidang
akademik dan non akademik.
9.
Meningkatkan sistem penilaian sesuai SNP.
10. Menciptakan
lingkungan sekolah yang bersih, sehat, rindang dan sejuk untuk mendukung
kenyamanan dalam proses belajar mengajar.
D. Struktur Kurikulum SMP Plus Al Muhibbin
Struktur Kurikulum
SMP Plus Al Muhibbin meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu
jenjang pendidikan selama tiga tahun pelajaran, yakni mulai kelas VII sampai
dengan kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan SI dan KD mata pelajaran serta SKL dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
Kurikulum ini memuat sebelas mata pelajaran, satu muatan lokal seperti
tertera pada Tabel Struktur Kurikulum.
2.
Muatan
lokal yang dilaksanakan di
sekolah sesuai dengan SK Gubernur Jawa Timur dan Rekomendasi Bupati Tuban,
yaitu bahasa daerah/bahasa Jawa.
3.
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS
merupakan ” IPA Terpadu” dan ”IPS Terpadu” (penjelasan terdapat pada regulasi
muatan mata pelajaran)
4.
Jam pembelajaran
untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam
struktur kurikulum. Sekolah menambah dua jam pembelajaran per minggu dengan cara
ekstensifikasi, yaitu mata pelajaran bahasa Jawa.
5.
Alokasi waktu 1 ( satu ) jam pembelajaran adalah
40 menit.
6.
Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran
(dua semester) sebanyak 40 minggu dengan rincian 40 jam
pelajaran per minggu untuk kelas VII dan VIII serta 35 jam pelajaran per minggu untuk
kelas IX.
7.
Struktur muatan kurikulum SMP Plus Al
Muhibbin dikelompokkan ke dalam lima kelompok mata pelajaran, yaitu
(a) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak
mulia,
(b) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan
dan kepribadian,
(c) kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan
dan teknologi,
(d) kelompok mata pelajaran estetika, dan
(e) kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga,
dan kesehatan,
Sistem Pembelajaran
Secara
umum, pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran di SMP Plus Al Muhibbin, yaitu
Pendekatan Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pendekatan Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Kedua pendekatan ini mensyaratkan
bahwa dalam proses pembelajaran: (a) terjadi pengaitan antara pengalaman
belajar dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, (b) memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk menerapkan hasil belajarnya dalam kehidupan
sehari-hari, (c) proses dan hasil belajar menjadi bermakna karena kontekstual,
(d) memberi kesempatan kepada peserta didik mengalami kegiatan secara
bervariasi (individual, berpasangan, berkelompok, dan klasikal) dan
menyenangkan, (e) penilaian dilaksanakan secara autentik, baik dalam bentuk tes
maupun nontes, dan (f) memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan
refleksi.
Sesuai dengan pendekatan pembelajaran, strategi/metode
pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Plus Al Muhibbin adalah strategi/metode
pembelajaran yang dapat berintegrasi dengan CTL dan/atau PAKEM. Strategi/metode
yang dimaksud antara lain: (a) Metode Langsung (Direct Method), (b) Belajar Gotong Royong (Cooperative Learning), dan (c) Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Untuk
mengimplemantasikan strategi tersebut, guru dapat memilih teknik atau cara yang
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran masing-masing dan juga
mempertimbangkan tingkat kemampuan siswa. Teknik pembelajaran yang dapat
dipilih oleh guru, misalnya: Jigsaw, Kelompok Investigasi, meja bundar, diskusi
kelompok, tanya jawab, eksperimen, dan lain-lain.
Keunggulan lokal dan global pada SMP Plus Al Muhibbin memilih
bahasa Asing (Bahasa Inggris,Bahasa Arab,Bahasa China Bahasa Jepang) dan
hafalan qur’an sebagai materi keunggulan yang harus dikuasai siswa. Pemilihan
bahasa ini didasarkan pada pemikiran bahwa bahasa merupakan sesuatu yang sangat
penting untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin maju, dan hafalan Al
Qur’an sebagai bekal mereka bekal hidup
dikemudian hari dan mampu menghadapi
tantangan global.
Tujuan :
a.
Memperkenalkan kepada siswa tentang pentingnya bahasa dan
menghafal al qur’an
b.
Membekali siswa menghadapi tantangan global
c.
Memberikan media untuk mereka bisa mempraktekkannya
Kompetensi :
Kompetensi siswa yang berkaitan dengan Bahasa
Asing (Bahasa Inggris,Bahasa Arab,Bahasa China Bahasa Jepang)dan menghafal Al
Qu’an
E. Penutup
Sebagai pedoman operasional, Kurikulum SMP Plus Al Muhibbin ini dapat
digunakan oleh stakeholders sekolah
–pendidik dan tenaga kependidikan—untuk merencanakan, melaksanakan, dan
menindaklanjuti kegiatan pembelajaran selama sekurang-kurangnya satu tahun
pelajaran. Jika dalam implementasi kurikulum ini mengalami perubahan/revisi,
hal ini dilakukan berdasarkan perkembangan teknologi, kebijakan sekolah, dan
kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, perubahan mendasar pada perkembangan
teknologi pembelajaran dan penilaian diupayakan sedapat-dapatnya merupakan
bahan kajian untuk penyempurnaan kurikulum ini.